Saturday, October 11, 2008

Suka download freeware? Fight against the virus

Sehubungan dengan post kemaren (worm.sialann) Saya menyadari beberapa kesalahan yg telah saya perbuat. Dengan kata lain saya telah melecehkan martabat komputer saya ini. Uhu.

Dan yang pastinya saya gak akan mengulangi kesalahan yg sama lagi donk bok. I'm not a stupid donkey who fall in the same hole everytime.. ckck

Begini loh, mm, yang namanya virus tuh kagak mungkin kan dateng tiba2? Yaiyalah masa yaiyadonk..(basi bgt). Kita aja penyakitan tuh pasti ad penyebabnya, contoh gara2 kebanyakan tidur (kyk gw-baca sini) dan lain2. Saya ngga bakal bahas itu ko.

Setelah saya melakukan introspeksi diri yg mendalam.. Saya mengaku salah telah berbuat nista terhadap komputer.

Serius ah, nih ada beberapa penyebab knp sih komputer bisa kemasukan spyware, adware, malware (malicious-app jahat) and virus2 lainnya..

Freeware or Shareware:
Suka download yg gratis2? Aha, sama donk kyk saya.. Ya hati2 aja boi. Beberapa sofware2 yg gratisan ato gak yg murahan itu "bundled" (dimasukin ato ngga dibungkus) dengan spyware, adware, atau program2 yg jahat. Kenapa? Inget kan gratis tuh, program2 jahat tadi sengaja dimasukkin untuk ngebiayain bikin software tadi, dan seringnya program jahat itu kayak tidak dapat anda ketahui keberadaannya (kecuali anda TAHU ttg komputer, ehe) dan bisa dy aja ngambil2 info rahasia anda, cielah rahasia.

Peer-to-Peer Software:

Klo yg ini kalo make sofware yg dibagi2, kayak network gitu loh. Kayaknya yg ini jarang deh.. Soalnya orang2 pada sukanya yg gratis2..

Questionable Websites:

Yang ini kalo anda doyan bgt surfing, terus surfingnya ngasal. Buka2 aja deh. Nah terus ditanya2in gitu. Dan engga mustahil sambil dimasukin yg jahat2 tadi

Apakah anda suka melakukan hal2 yg tadi saya sebutkan di atas? Berarti anda memiliki resiko yg lebih besar untuk kemasukan virus. Kenapa lebih besar? Soalnya semua komputer punya resiko kemasukan virus. Sama kyk badan kita. Ada caranya supaya kagak kemasukan virus komputer, gampang ko: PAKE MESIN TIK , gausah pk komputer lg.. Ehe

Tenang ajah, nih tips2 mencegah virus komputer:
Update terus antivirusmu!
Kalo udh jangan lupa sering2 di scan, aktifkan automatic scan.
Jangan sering2 download gratisan deh, ehe
Semua orang emang maunya yg gratis2, wajar ko, saya juga. Kalo emang hasrat download ngga terbendung lagi. Usahain antivirus yg strong dan download dari situs terpercaya

Sandro Need Your Comment

3 comments:

  1. ndro, laptop gua blm ada antivirus, disini gk ada software bajakan, jd msti beli yg asli bisa 80$ najis 800.000. klo donlod free antivirus dimana?

    ReplyDelete

hallo tolong dikomentari dengan jujur, tulis nama anda.
Thanx
kalo kagak ngerti, pilih aja yg anonymous..

ya tulis ape kek gitu biar penuh